Cara Membersihkan Komputer Anda

Mempelajari cara membersihkan PC gaming Anda tidak semenarik mempelajari cara memasang salah satu kartu grafis atau CPU terbaik, tetapi ini adalah keterampilan yang berharga untuk dimiliki.

Jika Anda belum pernah membuka casing komputer untuk dibersihkan sebelumnya, Anda mungkin akan terkejut dengan banyaknya debu yang menempel di antara bilah kipas dan berbagai komponen.

Kecuali ada penumpukan debu yang sangat besar, memiliki menara yang kotor kemungkinan tidak akan terlalu memengaruhi aliran udara dan suhu komponen, tetapi dapat mengurangi masa pakai komponen ini.

Mungkin yang lebih penting, memiliki komputer yang bersih akan terasa menyenangkan, dan jika Anda memiliki panel samping berjendela, itu juga akan terlihat lebih baik.

Membersihkan komputer Anda bisa semudah atau sesulit yang Anda inginkan. Jika Anda senang dengan hasil blitz cepat dengan udara terkompresi, maka Anda bisa menyelesaikannya dan menyelesaikannya dalam waktu kurang dari satu menit. Tetapi jika Anda ingin habis-habisan, Anda mungkin mempertimbangkan untuk melepas kartu grafis dan CPU Anda dan benar-benar masuk ke sudut dan celah itu dengan sikat anti-statis, untuk informasi lain lebih lengkapnya di trestleontenth.

Alat untuk membersihkan komputer Anda

Anda tidak harus membersihkan komputer Anda dengan alat yang sama yang Anda gunakan untuk membersihkan kamar mandi Anda. Anda akan berurusan dengan komponen listrik yang sensitif, jadi sebaiknya berhati-hatilah dan lakukan semuanya dengan benar. Jika Anda ingin melakukan pembersihan menyeluruh, berikut adalah beberapa alat yang mungkin Anda perlukan:

  • Cannister udara terkompresi
  • Kuas anti-statis
  • Kain anti-statis
  • Gelang anti-statis
  • obeng Phillips
  • Penghilang pasta termal
  • pasta termal

Itu semua yang Anda butuhkan untuk pembersihan mendalam. Namun, untuk sebagian besar pembersihan, yang Anda perlukan hanyalah sekaleng udara bertekanan. Sikat dan kain anti-statis dapat berguna untuk menghilangkan debu yang sangat membandel, tetapi sebagian besar waktu udara terkompresi akan bekerja dengan baik dengan sendirinya.

Cara membumikan diri sendiri saat membersihkan PC

Saat berurusan dengan internal komputer Anda, Anda berisiko terkena pelepasan muatan listrik statis (ESD). ESD terjadi ketika ‘muatan’ permukaan listrik statis kontak permukaan konduktif lain, dan biaya dari kedua bahan mencoba untuk menyamakan. Dengan kata lain, ketika listrik statis dilepaskan dari satu permukaan ke permukaan lainnya.

Risiko nyata dari ESD saat membersihkan PC Anda bukanlah karena hal itu dapat menyakiti Anda – bagaimanapun juga, semoga PC Anda dimatikan dan ada sedikit tegangan yang mengalir melaluinya – melainkan Anda dapat merusak komponen Anda. Jika Anda mengisi daya secara statis dan kemudian menyentuh bagian sensitif dari sirkuit di dalam PC Anda, ini dapat merusaknya. Dan, yang penting, kerusakan ini mungkin ‘laten’, artinya Anda tidak menyadarinya untuk waktu yang lama.

Karena risiko ini, membumikan diri sendiri penting saat mengotak-atik PC Anda. Membumikan diri sendiri berarti memberi listrik statis jalan mudah menuju ‘tanah’. Untuk membumikan sendiri, Anda dapat menggunakan tali pergelangan tangan antistatis dan menghubungkannya ke arde.

Menjaga pembumian terus-menerus seperti ini adalah yang terbaik, tetapi jika Anda tidak memiliki perangkat pembumian, cukup sentuh sesuatu yang diarde sesekali biasanya berfungsi. Misalnya, menyentuh PSU yang terpasang (tetapi dimatikan) harus membumikan Anda jika logamnya tidak terlalu banyak dilapisi cat. Jika Anda tidak terus-menerus di-ground, Anda harus meng-ground-kan diri Anda dengan cara ini sebelum mengerjakan internal PC Anda, dan sesekali mengikutinya.

1. Pindahkan PC Anda untuk ventilasi

Jika Anda sudah lama tidak membersihkan PC gaming Anda, pasti Anda akan mendapatkan debu di mana-mana. Membersihkan PC Anda pada dasarnya berarti mengambil semua debu yang menempel di dalam menara Anda dan meniupnya. Karena itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan PC Anda, mencabutnya, dan memindahkannya ke tempat yang berventilasi baik, atau yang Anda tidak keberatan berdebu dan kemudian menyedot debu.

Jika hari kering, Anda bisa membersihkannya di luar. Jika tidak, Anda dapat memindahkannya ke garasi Anda, atau ke ruangan yang jarang digunakan dengan jendela terbuka. Akan lebih mudah dibersihkan jika diletakkan di permukaan yang terangkat seperti meja atau meja juga.

2. Lepas dan bersihkan panel samping dan filter debu

Anda harus mulai dengan melepas panel samping casing – dan panel depannya, jika memungkinkan. Anda juga harus menghapus semua filter debu yang disertakan dengan casing Anda – filter ini biasanya terdapat di bagian depan, atas, dan bawah menara. Setelah ini dihapus, Anda dapat menyikatnya dan kemudian meniupkan udara terkompresi ke atasnya untuk mendorong debu.

Saat menggunakan udara bertekanan, pegang kaleng dengan tegak agar cairan tidak keluar, dan jika kaleng mulai dingin diamkan selama 30 detik atau lebih sebelum disemprotkan lagi. Anda juga harus menjaga jarak tabung udara terkompresi dari motherboard dan PCB lainnya untuk mengurangi risiko meledaknya salah satu komponen kecil yang disolder.

3. Lepaskan dan bersihkan kartu grafis Anda (opsional)

Akan lebih mudah untuk membersihkan kartu grafis dan area sekitarnya jika Anda melepasnya, tetapi ini biasanya tidak diperlukan. Untuk melepaskan kartu grafis, pertama-tama cabut kabel dayanya dan lepaskan dari panel belakang menara. Kemudian, tekan kait PCIe yang menahannya, dan tarik kartu grafis keluar dari soket PCIe.

Satu kartu grafis Anda dihapus, Anda dapat membersihkannya. Sikat bilah kipas untuk menghilangkan debu, lalu semprotkan debu selembut mungkin, berusaha mencegah kipas berputar terlalu banyak. Anda juga dapat menyemprotkan ke kartu grafis, tetapi Anda harus mencoba dan melakukan ini ke arah aliran udara. Ini akan melonggarkan debu yang terperangkap di dalamnya, yang akan dihembuskan oleh kartu grafis Anda saat kipasnya menyala.

4. Lepaskan dan bersihkan pendingin CPU Anda (opsional)

Jika suhu CPU Anda baik-baik saja, Anda harus menghindari melepas dan memasang kembali pendingin CPU jika memungkinkan, karena pasta termal tahan lama. Namun, jika Anda perlu mengoleskan kembali pasta termal, atau jika melepas pendingin akan memudahkan pembersihan dan bagian di sekitar motherboard, Anda dapat melepas pendingin dengan hati-hati dan menyetelnya ke satu sisi untuk dibersihkan secara terpisah.

Untuk membersihkan pendingin CPU, Anda harus melepas kipas sebelum menyikat di antara sirip heatsink untuk menghilangkan debu, lalu meniupnya dengan udara bertekanan. Anda juga harus menyikat dan meniup debu dari sirip kipas.

Jika Anda telah melepas pendingin untuk membersihkannya, Anda harus mengoleskan kembali pasta termal ke CPU sebelum memasangnya kembali. Untuk melakukannya, bersihkan pasta dengan hati-hati dari CPU dan pelat dasar heatsink dengan kain anti-statis – atau, jika Anda berhati-hati, handuk kertas. Jika perlu, Anda dapat menyeka tutup CPU dan pelat dasar unit pendingin dengan penghilang pasta termal atau alkohol isopropil, lalu biarkan mengering.

Setelah pelat dasar pendingin dan penutup CPU bersih dan kering, tambahkan setetes pasta termal seukuran kacang polong ke penutup CPU, lalu tekan unit pendingin ke atasnya dan kencangkan ke pelat belakang motherboard. Jika Anda masih perlu memasang kipas, Anda dapat melakukannya sekarang.

5. Bersihkan debu dari motherboard dan casing Anda

Sekarang Anda dapat membersihkan sebagian besar bagian dalam menara Anda. Jika kartu grafis Anda dilepas, ini akan lebih mudah, dan dua kali lipat jika pendingin CPU Anda dilepas. Pegang kaleng udara terkompresi Anda beberapa inci dari PCB atau komponen apa pun yang Anda tuju dan pergi ke kota.

Cobalah untuk mengeluarkan debu sebanyak mungkin dari casing hanya dengan udara bertekanan. Ingatlah untuk memegang cannister tegak dan mencoba mengarahkannya sehingga debu akan diarahkan ke salah satu sisi casing yang terbuka. Setelah itu, jika ada debu yang tidak mau bergeming, gunakan sikat antistatis untuk menghilangkan debu dengan lembut dan hati-hati, lalu tiup dengan kaleng lagi.

Jangan lupa untuk membersihkan kipas casing Anda dan casing itu sendiri, masuk ke semua celah dan sudut yang sering terlupakan. Anda juga dapat meniupkan udara ke PSU dari jarak beberapa inci ke arah aliran udara. Ini akan menghilangkan debu yang kemudian harus dihembuskan oleh kipas PSU ke knalpot.

6. Pasang kembali komputer Anda

Setelah mengagumi kerja keras Anda, Anda dapat menyatukan kembali PC Anda. Jika Anda melepas pendingin CPU dan belum memasangnya kembali, sekaranglah saatnya untuk melakukannya (dijelaskan pada langkah 4 di atas). Sekarang saatnya memasang kembali kartu grafis Anda juga. Masukkan kembali ke dalam slot PCIe-nya, kencangkan dengan kencang ke sisipan ekspansi casing, sambungkan kembali kabel dayanya, dan Anda siap melakukannya.

Setelah komponen Anda kembali seperti semula, Anda dapat memasang kembali panel samping dan depan Anda, dan Anda seperti baru. Anda dapat memindahkan PC Anda kembali ke tempat yang seharusnya dan mulai bekerja membersihkan ruangan dari semua debu yang Anda tinggalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.